Jumat, 22 April 2011

Sekilas Tentang Konseling Kerja

Sekilas Tentang Konseling Kerja

Pengertian Konseling

Konseling adalah pelayanan bantuan untuk peserta didik, baik secara perorangan maupun kelompok, agar mampu mandiri dan berkembang secara optimal, dalam bidang pengembangan kehidupan pribadi, kehidupan sosial, kemampuan belajar, dan perencanaan karir, melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung, berdasarkan norma-norma yang berlaku 

Konseling Kerja

- Awalnya karyawan dilihat sebagai ” Human Resources” dimana manusia dipandang sebagai 'orang yang menghasilkan'. Namun saat ini banyak perusahaan yang melihat posisi karyawan sebagai ”Human Capital”, dimana karyawan sebagai modal penting yang dimiliki dalam suatu organisasi. Paradigma ini membuat posisi karyawan dalam perusahaan menjadi penting sehingga kualitas karyawan harus terus diperhatikan.
- Salah satu hal yang mempengaruhi kualitas mereka adalah interaksi mereka dengan pekerjaannya. Jika interaksi yang terjadi tidak sejalan maka akan menimbulkan masalah. Masalah tersebut dapat diminimalisasi dan diselesaikan dengan melakukan konseling kerja, yang bertujuan untuk memberikan insight dalam menemukan pemecahan masalah yang sedang dihadapi.

Manfaat Konseling Kerja

Konseling kerja dilakukan agar karyawan dapat mengetahui kelemahan dan kelebihan yang dimilikinya, terutama dalam hal yang berkaitan dengan pekerjaannya sehingga karyawan tersebut dapat memperbaiki kelemahannya dan terus meningkatkan kelebihannya. Karyawan yang mengetahui keadaan dirinya tersebut akan lebih mudah untuk melakukan penyesuaian diri dengan pekerjaannya 

Proses Konseling Kerja

- Konseling dilakukan melalui interview yang bertujuan memperoleh data, memberikan informasi dan mengubah perilaku.
- Proses awal dalam memperoleh data dapat dilakukan dengan evaluasi pemeriksaan psikologis (Psikotest)

Waktu Pelaksanaan 

- Sebelum mengikuti sesi konseling, karyawan akan melakukan serangkaian tes psikologi dan interview awal untuk menggali data potensi dan permasalahan yang dihadapi dalam pekerjaan.
- Durasi sesi konseling tergantung dari permasalahan karyawan dan dapat berlangsung secara berkelanjutan.

Demikian Sekilas Tentang Konseling Kerja semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Random Post