Sabtu, 02 Oktober 2010

Keyword dan Manipulasi Keyword

Keyword dan Manipulasi Keyword
Pengertian Keyword

Kata kunci yang biasa disebut dengan “key words” yang mempunyai sinonim lain phrase kunci ( key phrases ) di dalam dunia SEO disebut dengan keyword. Fungsi dan desksipsi dari kata keyword dalam dunia SEO adalah bentuk sebuah kata atau lebih yang di pergunakan untuk melakukan pencarian data atau informasi di internet sesuai kebutuhan.

Keyword yang berupa kata – kata maupun phrase kunci unik mempunyai indikasi seringnyaa kata tersebut untuk digunakan dalam pencarian di search engine. Sebagian besar keyword digunakan untuk kepentingan pencarian informasi, produk dan jasa. Keyword seperti ini merupakan sebuah keyword yang penting dan banyak situs maupun blog menggunakan keyword tersebut sebagai target market ! Untuk penerapan keyword dapat berupa tulisan atau artikel yang berisi banyak keyword yang menjelaskan ataupun mevisualisasikan isi blog dan bisa jadi keyword tersebut dijadikan sebagai nama domain.

Saat ini banyak situs dan blog menggunakan keyword untuk menargetkan keyword sehingga banyak persaingan yang kompetitif. Saya katakan persaingan adalah penempatan urutan di halaman pertama di search engine seperti di Google, Yahoo, Bing, MSN dan sebagainya.

Manipulasi yang dimaksud adalah spamming, seperti penulisan content menggunakan keyword yang diulang-ulang secara berlebihan, penulisan teks yang warnanya sama dengan warna background sehingga pengunjung tidak dapat membacanya. Hal-hal semacam ini tujuannya tidak lain adalah untuk mengecoh crawler.

Untuk mengatasi masalah ini, search engine menggunakan faktor eksternal sebagai acuan relevansi antara content website dan keyword. Faktor yang dimaksud adalah link popularity, yaitu banyaknya link dari website lain yang mengarah ke website anda. Kita ambil contoh situs ilmu komputer.com. Karena isinya yang menarik dan bermanfaat, maka banyak pemilik website lain yang memasang link mengarah ke ilmukomputer.com. Kita anggap saja jumlahnya 100 link. Karena 100 link ini berasal dari luar domain ilmukomputer.com, maka nilai link inilah yang diperhitungkan oleh search engine. Semakin banyak link dari luar, berarti nilai link popularity-nya semakin besar. Menurut anggapan search engine, semakin banyak sebuah website di-link, semakin baik pula content yang dimilikinya.

Link popularity sudah umum dipakai acuan oleh search engine. Salah satu pelopornya adalah Google yang saat ini menjangkau lebih dari 70% pengguna internet di seluruh dunia. Oleh google, teknologi ini mereka sebut Pagerank. Anda bisa melihat nilai Pagerank sebuah website dengan menginstall Google Toolbar yang ada di http://toolbar.google.com (saat ini hanya untuk browser internet explorer dan firefox). Pagerank ditunjukkan oleh bar berwarna hijau dengan nilai antara 0-10. Semakin besar nilai Pegerank suatu situs, semakin baik pula posisinya di Google.

Namun perhitungan link popularity tidak hanya melihat kuantitas semata, melainkan kualitas link juga sangat diperhitungkan. Contohnya jika website anda di-link oleh Yahoo, nilai link popularity-nya bisa lebih besar daripada di-link oleh 100 website pribadi. Dan sekali lagi, Google menganggap link dari sebuah website dengan nilai Pagerank 8 jauh lebih baik dari 5 website yang hanya memiliki Pagerank 1.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Random Post