Sabtu, 02 Oktober 2010

SEO (Search Engine Optimization)


Apa itu SEO?

Salah satu dari sekian banyak indikasi kesuksesan sebuah website adalah traffic. Traffic menunjukkan bahwa website tersebut digemari dan sering dikunjungi oleh pengunjungnya. Salah satu cara yang efektif untuk mendatangkan pengunjung bagi website tersebut adalah melalui search engine (Google, Yahoo, Altavista, dll). Biasanya pengunjung akan mencari website melalui search engine dengan menggunakan kata kunci atau “keyword”.

Harapan pemilik website tentu saja muncul di urutan teratas pada hasil pencarian search engine karena kecenderungan pengunjung tentu saja akan meng-klik pada hasil-hasil pencarian yang muncul teratas.
Pertanyaannya lantas bagaimana caranya website kita muncul pada hasil pencarian search engine untuk keyword-keyword yang relevan dengan content website kita? Lebih jauh lagi bagaimana caranya supaya website kita bisa muncul pada urutan teratas agar dapat menarik lebih banyak pengunjung?

SEO adalah sebuah proses halaman web agar dapat dibaca dengan lebih baik oleh search engine yang bersifat crawler (Google, Yahoo, MSN, dll). Proses SEO dapat melibatkan halaman web itu sendiri, namun tidak menutup kemungkinan juga melibatkan website yang lain.

Tidak semua jenis website dapat terbaca dengan baik oleh search engine. Website yang menggunakan full flash sampai saat ini sama sekali belum dapat dibaca dengan baik oleh search engine, sedangkan website yang memenuhi standar W3C akan dapat dibaca dengan sempurna oleh search engine. Search engine juga kesulitan membaca web yang menggunakan navigasi JavaScript dan web dengan frame.

Banyak sekali faktor yang menentukan keberhasilan dalam SEO. Selain itu, metode search engine untuk meng-index hasil pencarian juga sering berubah. Oleh karena itu, SEO dapat dikatakan sangat dinamis karena metodenya berubah dari waktu ke waktu, dan SEO tidak dapat memberikan jaminan apakah website anda akan muncul dalam index pencarian teratas atau tidak.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Random Post